Monday, October 22, 2007

Resensi Evaluasi Program Pendidikan

Judul Buku : Pengantar Evaluasi Pendidikan
Pengarang : Prof.Drs.Anas Sudijono
Penerbit : PT. Raja Grafindo Persada
Tebal Buku : 470 halaman

A. Kelemahan Buku
  1. Bahasa yang digunakan monoton.
  2. Buku terlalu tebal sehingga membacanya sedikit membosankan.
  3. Tidak disertai gambar ilustrasi yang dapat menarik minat untuk membaca.
B. Kelebihan Buku
  1. Isinya sangat lengkap karena disertai dengan contoh.
  2. penjelasan sangat mendetail
  3. contoh-contoh yang diberikan sangat jelas.
C. Isi Buku
Berbicara tentang pengertian istilah evaluasi pendidikan, di tanah air kita, Lembaga Administrasi Negaramengemukakan batasan mengenai evaluasi pendidikan sebagai berikut:
  1. Evaluasi pendidikan adalah proses atau kegiatan untuk menentukan kemajuan pendidikan dibandingkan dengan tujuan yang telah ditentukan.
  2. usaha untuk meperoleh informasi berupa umpan balik bagi penyempurnaan pendidikan.
Bagi pendidik, secara didaktik evaluasi pendidikan memiliki lima fungsi:
  1. Memberikan landasan untuk menilai hasil usaha yang telah dicapaioleh peserta didiknya.
  2. memberikan informasi yang sangat berguna untuk mengetahui posisi masing-masing peserta didik ditengah kelompoknya.
  3. Memberikan bahan penting untuk memilih dan kemudian menetapkan status peserta didik.
  4. memberikan pedoman untuk mencari dan menemukan jalan keluar bagi peserta didik yang memang memerlukan.
  5. Memberikan petunjuk tentang sudah sejauh mana program pengajaran yang telah ditentukan telah dapatdicapai.
Di tilik dari segi input ini, maka obyek dari evaluasi pendidikan meliputi 3 aspek yaituaspek kemampuan, kepribadian dan sikap. Sedangkan prinsip-prinsip dasarevaluasi hasil belajar yaitu prinsip keseluruhan, kesinambungan dan obyektivitas.
Ada dua tehnik yang dapat digunakan untuk melakukan evaluasi hasil belajar yaitu, tehnik tes dan non tes.
Tehnik tes berfungsi sebagai alat pengukur terhadap peserta didik dan sebagai alat pengukur keberhasilan program pengajaran.
Ciri-ciri tes hasil belajar yang baik adalah:
  1. Tes hasil belajar tersebut bersifat valid.
  2. Tes hasil belajar tersebut memiliki reliabilitas atau bersifat reliabel.
  3. Tes hasil belajar bersifat obyektif.
  4. Tes hasil belajar bersifat praktis dan ekonomis.
Penganalisisan terhadap tes hasil belajar sebagai suatu totalitas dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, penganalisisan yang dilakukan dengan jalan berfikir secara raisonal atau menggunakan logika. Kedua, penganalisisan yang dilakukan dengan mendasarkan diri pada kenyataan empiris.

No comments: